Kue Soes

Dari minggu lalu udah kepikiran pengen banget bikin yang manis-manis. Cake atau kue atau apalah pokoknya makanan manis. Maklum, sweet tooth ku sudah tak terbendung lagi. Halaaaah :p

Setelah ngubek2 blog dan situs resep sana sini, kepikiran hmmmm kue sus kayaknya enak juga. Tapiiii susah nggak yaa bikin pastry nya itu. Ubek2 lagi resep di Internet. Kemudian, cliiiiiiiiiing, hmmm kayaknya pernah baca resep kue sus di blognya mbak http://bebenyabubu.com. Setelah nemu, coba lagi dibandingkan dengan situs2 lain, emang punya mbak bebe yang paling gampang diikutin.

Setelah makan siang, langsung angkat senjata (baca, apron, mixer, panci, dkk). Semua bahan hampir semua ada. Disiapkan dulu deh semua bahannya,ย  jadi gampang tinggal cemplang cemplung.

Untuk bahannya liat di blognya mbak Bebe aja yaaah ๐Ÿ˜‰
Setelah bahan pastry selesai dimasak,ย  biar cepet dingin, aku taro aja di balkon. Pas kebetulan cuaca lagi mendung dan dingin

image

Penampakan setelah dibentuk

image

Sambil nunggu dingin, bikin vlanya. Untuk vlanya aku modifikasi sedikit, disesuaikan dengan selera.

Bahan vlanya :
500 ml susu (berhubung aku nggak punya susu segar, adanya susu bubuk full cream, tinggal dikit pula jadinya pake ini terus dikasi air 500 ml)
2 butirย  kuning telur
75 gr gula pasir
35 gr tepung maizena
1 bungkus vanilla essence
Rhum secukupnya.
Garam secukupnya.
5 sdt cream cheese (ini hasil kira2 juga)

Cara bikinnya persis sama kayak punya mbak Bebe.
1. Bagi 2 susu, yg satu letakkan di panci anti lengket dengan gula.
2. Sisanya taro di mangkok dan campur dengan maizena juga kuning telur yg telah dikocok lepas.
3. Setelah susu mendidih, campurkan dengan adonan susu yg di mangkok. Adukcepat dan rata.
4. Beri sedikit garam supaya lebih gurih.
5. Setelah dingin campurkan essence vanila dan rhum.

Untuk adonan yang pake cream cheese, setelah adonang matang, aku bagi dua. Di panci kedua aku tambahin cream cheesenya.
Hasilnya

image

Dan ternyata enak sodara sodaraaa..
Aku udah takut aja, jangan2 dalemnya mentah, jangan2 kalo udah mateng, kempes. Ternyata tidak.. Yuhuuuuuu berhasil berhasil berhasil…

image

Ngebentuknya susah boook -___- gak punya pake piping bag. Pake plastik seadanya. Bentuknya jadinya yaa seadanya.. Hehehehe

Flanya aku modifikasi sendiri. Aku suka vla yg creamy dan tidak padet. Jadi maizenanya aku kurangin. Berhubung madih ada stock cream cheese di kulkas, ya udaah tambahin aja.

Aaah senangnya, kue sus jadi, suami suka, plus hari ini selesai ngecat kamar. Itung2 kuenya upah buat suami abis capek ngecat kamar. ๐Ÿ™‚

Advertisements

9 thoughts on “Kue Soes

  1. Syarat buat bikin kulitnya itu cuma jangan buka2 oven sampai waktunya diangkat hehe

    Pdhl cuma mentega, garam, air, terigu sama telur saja buat kulitnya yaaa… ๐Ÿ™‚

    Jadi masih ada ngga Sus nyaa…?? ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s