Bagi-bagi tugas domestik

Kemaren hari sabtu, ada seorang temen yang  chat di WA. Dia nanya:

Teman (Te) :”Nggi, lagi ngapain?” 

Me : Lagi leyeh-leyeh di kasur. Capek, abis beres-beres dan packing buat nginep ntar malem di rumah mertua di gunung.

Te: Carlo mana? 

Me: Lagi nyelesein tugas dia. Nyetrika baju depan tv sambil dengerin lagu Rock dan joged2. 

Te: Haaaaah?? Seriusan lo nyuruh suami nyetrika. Gileeee..

Me: Lhaaa emange ngopo? Kan bagi-bagi tugas. Toh itu tugas yang dia pilih sendiri. 

Te: Hebaat yaa dia mau.

Me: Yessss.. ALhamdulillah dia mau.

 

Percakapan seperti itu bukan cuma sekali dua kali kejadian. Sudah beberapa kali. Jadi gini dari awal kami tinggal bareng disini, kami sudah sepakat bagi-bagi tugas. Kan tinggal bareng di rumah, yaa tugasnya dibagi-bagi. Yaa tahu dia kerja seharian masak tega nyuruh-nyuruh dia kerja lagi kerjaan domestik. Why not? 

Jadi gini, awalnya aku minta tolong Carlo untuk ngerjain kerjaan bersih-bersih rumah yaitu nge-vacuum debu dan ngepel seminggu sekali. Udah itu aja. Sisanya , kayak nyuci nyetrika, bersih2 dapur, kamar mandi, aku semua yang ngerjain. Tapiiiiiiii nyatanya. Udahlah cuma seminggu sekali nggak juga dikerjain, buntutnya aku juga yang ngerjain. Dongkol niih akhirnya. Sampe akhirnya tersisa dua kerjaan yang paling males dikerjain yaitu nge-vacuum dan nyetrika. Aku benci banget yang namanya nyetrika. Bisa tuh baju numpuk sampe sebulan lamanya, sampe kosong tuh lemari. Tapi kadang kalo lagi rajin yaa dua hari selesai siih. Seringan malesnya tapi. Sampe akhirnya aku bilang sama Carlo, “pilih mana nge-vacuum ato nyetrika?” DIa dengan senang hati milih nyetrika. Katanya dia lebih enak nyetrika karena bisa dikerjain sambil nyantai plus kata dia aku nggak perlu minum obat alergi. Dia alergi debu. Jadi kalo mau bersih-bersih kudu minum obat dulu kalo nggak bisa bersin seharian non-stop. 

Jaman masih bujang dulu, semua kemeja dan sweater dicuciin sama Mamma mertua. Sejak punya istri yaa dikerjain sendiri. Dan mama mertuaku masih terheran-heran Carlo mau nyetrika hahaha Pertama kali dia nyetrika sendiri itu sejak November kemaren. Karena dia sempet kutinggal 2 minggu balik ke Indonesia. Yaah gengsi yaa bok, ngasiin lagi kemeja ke mamanya jadi dikerjain sendiri. Dan dia belajar nyetrika dari YouTube. Kereeen lah ini suamiku. Alhamdulillaaaah. Satu masalah kerjaan domestik teratasi. 

Tapi yaah gitu standard nyetrika harus agak diturunin. Yaa gimana agak kurang rapi siiih. Tapi daripada aku suruh ngerjain, ogaah. Untuk kemeja dan celana sekarang sudah mulai rapi. Tapi kaos masih kurang rapi. Masih perlu latihan.

Terus terang aku mending milih bersih-bersih rumah karena paling dikerjain cuma sejam terus selesai. Lha kalo nyetrika mesti pelan-pelan biar rapi dan pastinya makan waktu lama banget. Keburu bosen aku ngerjainnya. Gimana dengan kerjaan lainnya? Akhir-akhir ini aku juga suka minta tolong dia untuk bersihin dapur. Soalnya dia kalo bersihiin total meen. Bersiiiih. Bwahahaha. Jadi dia juga kusuruh milih, mending milih bersihin kamar mandi atau dapur? Dia milih dapur. Yo wess Alhamdulillah. Masalah lain terpecahkan. 

Contoh lainnya, misalnya aku abis masak dan nyiapin meja makan. Maka ntar setelah makan dia yang beresin dan masukin semua ke dish washer. Begitu juga sebaliknya.  Atau misalkan aku yang masukin semua baju ke mesin cuci dan ngejemur. Ntar dia yang bakal ngangkatin jemuran kalo sudah kering. Hal-hal gini nih ngebantu banget loh. 

Hal lain yang amat sangat ngebantu adalah, he doesn’t mind to cook. Beneran deh, kadang aku tuh males masak. Mungkin buakn males tapi bingung karepe dhewe mboh mau masak apa. Alhasil, minta tolong suami. “Do you mind to cook for dinner tonight?” Dia seneng juga masak. Seringkali kalo makan makanan italia pasti dia yang masak, pasta atau risotto gitulah. 

Beneran deh, aku bersyukur banget di Carlo mau dimintain tolong ngerjain tugas-tugas domestik ini. Dan dia juga bukan tipikal laki-laki yang harus diladeni setiap saat dalam hal makan, baju dan lain-lain. Ini beneran ngebantu biar akunya nggak jenuh sama kerjaan-kerjaan domestik. Dalam hal kayak gini emang kadang ego dan standard kita harus diturunin sedikit. 

Kalian gimana? apakah kalian juga berbagi tugas dengan pasangan masing-masing?

 

 

 

Advertisements

19 thoughts on “Bagi-bagi tugas domestik

  1. Kayaknya lumrah bgt toh klo bagi2 chores gitu? Aku kebiasa dr rumah juga bagi2 tugas. Suami pun ternyata sama bgt dibiasain di rmh nya jg gitu. Semua pekerjaan rumah semua dia bisa, krn qt berdua kerja yg tricky adalah pembagian yg masak siapa. Suami ku nih chef rumahan jd dia sering bgt masak drpd aku hihi. Enak pula hasilnya ;p nyam nyam nyam.Lucu bgt itu si Carlo belajar nyetrika via youtube lol…iya sih ya hari giniii apa sih yg ga ada tutorial di youtube.

    • Well kalo dirumahku sih, laki-laki terbiasa diladeni. Lhaa pas dapet Carlo yg nggak laden jadinya aku sujud syukur hahahah. Makanya kalo kami pulang ke rumah mamah, ketauan Carlo apa2 sendiri, aku diomelin. -____- asik yaa punya suami bisa masak.. :)) aku bahagia.. Walaupun kalo suamiku abis masak dapur kayak abis dipake perang. Hahahah

  2. sama saya sama MB bagi tugas juga, cuma ada beberapa tugas yang standarnya harus diturunkan misal cuci piring maklum disni gak punya dishwasher hahahha jadi dia tuh kurg kinclong kalo cupir makanya aku gantikan suruh dia buang sampah or keringkan baju dr mesin cuci………. kalo nyetrka dia sngt gak suka…………..tapi ramadhan ini job desc dia kurang alasan loyo …hahha resitensi kita mmg lebih kuat tahan banting deh dibanding bule.. ekhh ini sih pengalaman pribadi ntah suami bule lain….

  3. si matt lumayan manja dia selama kawin, waktu nganggur dulu aku yang kerjain semuanya (karena ngangur jadi aku agak2 ngalah mau kerjain kerjaan rumah hehehe) trus setelah kerja lagi nyokap ngasih mba2 yang bantu bersih2 rumah + setrika jadi kita santailah. Paling wiken baru bersiin rumah berdua sama si Matt nyikat kamar mandi. Nah pas si mba itu gak bisa masuk dan setrikaan banyak langsung aku bertandung dan ngamuk2 hahahah. Matt mau bantuin tapi harus dikasih tau detailnya, kalo gak yah tarsok2 melulu. Besok2 aku mau kasih tau dia, belajar nyetrika baju juga kayak Carlo dari youtube.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s