Iseng-iseng bikin siomay

Hari selasa kemarin, karena kedinginan jadinya pengen makan melulu. Jadilah ngubek-ngubek dapur, deket-deket kompor supaya anget hehehe. Buka-buka kulkas nemu ikan, fillet ayam dan udang. Setelah whatsapp-an sama mamah jadilah ada ide bikin siomay. Siomay ini adalah resep dari mamah. Andalan banget lah pokoknya. Kalo sudah bikin ini dirumah pada jadi pemamah biak, ngunyah terus.

Mari kita berbagi siomay enak ini, paling nggak enak menurut kami hwehehehe

Bahannya:

400 gr ikan tengiri (aku pake ikan persico africano, rasanya mirip tengiri)

150 gr fillet ayam

10 biji udang kupas segar

1 cup kurang dikit tepung tapioka atau tepung kanji

1 cup kurang dikit tepung terigu

1 sdt kaldu bubuk

2 butir telur ukuran besar

garam, merica secukupnya

daun bawang dipotong tipis2

kulit lumpia

Cara membuat:

  • Masukin food processor ikan, ayam, dan udang. Setelah itu masukin telur, kaldu, garam, merica.
  • Keluarkan dari food processor, campurkan dengan tepung sedikit demi sedikit.
  • CAmpur dengan daun bawang
  • DSC_2149[1]
  • kurang lebih hasilnya kayak gitu lah yaa. Oh ya, dirasain dulu yaa. Iya sih mentah, pokoknya jangan ditelan yaa dilepeh lepeh aja terus kumur2 hwehehe pokoknya asalkan rasanya udah ok lanjut deh. Kalau belum ya silahkan ditambahin garam merica kaldunya sesuai selera yaaa
  • Kalau rasanya sudah pas, letakkan 1 sendok makan adonan ke kulit lumpia.

DSC_2150[1]

  • setelah itu silahkan dilipat-lipat .Kalau aku biar ngebentuk aku iket pake benang. Abisnya nggak punya cetakan siomay yg bentuknya gelas kecil-kecil itu. Lipat semua sampai adonan habis.
  • DSC_2151[1]
  • penampakannya gini lah yaa kurang lebih. Masih nggak rapi. BAru belajar harap maklum hehehe
  • Kalu sudah tata adonan siomay ini ke dalam kukusan.
  • JAngan lupa panasin airnya dulu yaaa..
  • DSC_2153[1]
  • Setelah itu kukus selama kurang lebih 20-30 menit.
  • Pas dikukus tutup panci diiket pakai serbet ya biar airnya nggak netes-netes.
  • DSC_2155[1]
  • Setelah jadi kurang lebih kayak gini
  • DSC_2156[1]

Aku kemarin pas bikin nggak diicipin dulu jadinya kurang asin. Hasilnya enaaaaak. Carlo doyan banget. Karena kemarin males bikin sambel kacangnya jadinya cuma dimakan pake saos cabe thailand. Enak juga ternyata.  Ini bisa dimakan gitu aja atau bisa juga digoreng.

Oh yaa untuk bikin siomay ini terigu sama tepung kanjinya harus 1:1 yaa. Aku kemaren pake satu cup, agak alot dikit. Makanya aku tulis resepnya 1 cup kurangin dikit biar nggak alot. Untuk hasilnya untuk resep ini bisa jadi sekitar 30 biji siomay.

Silahkan dicoba teman-teman. Semoga suka yaaa..

Advertisements

12 thoughts on “Iseng-iseng bikin siomay

  1. Wiihhh enak iki. Tinggal merajuk minta beliin food processor hihihi. Nggi tepung beras dan Terigu sama ga ya? tadi malam aku beli tepung beras. Aku juga ga paham opo’o kok aku beli itu hahaha. Pengen bikin bakwan asline

  2. Aku males bikin siomay tp semenjak hamil aku jd ganas bgt klo sama siomay hahaha. Beli siomay nya di restoran di kota, tp klo libur mending bikin sendiri pke resep mu ya nggy:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s