Perpanjangan Paspor

Mau bagi-bagi info deh ke teman-teman sapa tau ada yang butuh untuk perpanjangan paspor di KBRI terdekat.

Kemaren kan abis dari Roma tuh ngurusin perpanjangan paspor. Nah sekarang mau bagi info gimana caranya. Setelah nanya kesana kemari nyari info lewat teman-teman yang ada disini didapatlah beberapa option untuk mengurus paspor ini.

1. Bisa dikirim via pos segala perlengkapannya. Sebaiknya telpon dulu ke KBRI bahwa mau mengurus dan akan dikirim via pos. Biasanya dibutuhkan waktu 2 minggu untuk paspornya jadi dan kembali ke pemilik paspor.

2. Lewat agen. Disini ada agen yang ngurusin perpanjangan paspor gitu ke kedutaan mana aja.

3. DI warung konsuler yang biasanya ada di acara bazar atau acara2 dari orang-orang Indonesia di sini. Biasanya KBRI akan buka warung konsuler, mereka akan menerima perpanjangan paspor, lapor diri, dan segala urusan konsuler pokoknya. Dan pastinya paspornya nggak bisa langsung jadi yaa. Ntar akan dikirim kalo sudah jadi. Berapa lamanya aku nggak tahu.

4. Opsi terakhir datang langsung ke KBRI dengan membawa semua berkas yang diperlukan.

Aku sama Carlo memilih opsi yang terakhir datang langsung ke KBRI. Lebih aman, cepat jadinya, dan sekalian liburan hehehe. Oh iya paspor sudah bisa diperpanjang 6 bulan sebelum tanggal berlaku habis. Punya aku habisnya bulan juli. 2 minggu sebelum ke Roma, aku tanya apa saja yang dibutuhkan untuk perpanjangan paspor. Aku telpon bagian Konsuler. No telpon Bagian Konsuler KBRI Roma +39-0642009161 dengan bapak Chairil. Orangnya sangat helpful.

Apa sajakah yang dibutuhkan untuk perpanjangan paspor?

1. Paspor yang masih berlaku.

2. Formulir untuk perpanjangan paspor. Ini karena aku langsung ke KBRI jadi aku dapat formulirnya di sana. Kalau mau bisa telpon dan minta di email saja formulirnya.

3. Carta di soggiorno (Surat ijin tinggal) yang masih berlaku. Fotocopy 2 lembar.

4. Carta d’identita. Kartu identitas. Semacam KTP yang dikeluarkan Comune di tempat kalian tinggal.

5. Pas foto ukuran paspor. Ini aku kemaren foto di fotobox yang tersebar di jalan-jalan.

Kalau semua sudah lengkap, masukin berkasnya. Mereka akan kasi tanda terima. Untung perpanjangan paspor ini dikenakan biaya 20 Euro. Aku masukin berkas hari selasa pagi. Pas nyampe sana ditanyain, dari Genova ya? Kapan balik? Aku sih bilang besok siang keretanya. Mereka janjikan paspor selesai hari Rabu pagi. Dan yeaaaay jadi deh si paspor hari rabu pagi. Diperpanjang 5 tahun. Alhamdulillaaaaah.

Untuk persyaratan ini mungkin di setiap KBRI akan berbeda yaa, tapi paling nggak hal diatas itu udah yang paling basic dibutuhkan. Untuk lebih jelasnya bisa minta info dari KBRI masing-masing.

Sekarang usaha selanjutnya adalah ngisi formulir untuk perpanjangan Carta di Soggiorno. Karena paspor baru dengan nomor baru makan Carta di Soggiorno yang kemaren kan jadi sudah tidak berlaku. Padahal Carta di Soggiornoku baru jadi bulan Desember kemaren setelah bulan Oktober kemaren si Carta di Soggiorno ikut hanyut karena kebanjiran di Genova. DIbutuhkan waktu sekitar 1 bulan lebih untuk dapat Carta di Soggiorno yang baru. Uffaaa.. Semoga semua lancar-lancar saja yaaah.. Amiiiiin

Advertisements

10 thoughts on “Perpanjangan Paspor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s