Scaloppine ala mertua

Sudah lama nggak posting tentang makanan. Sesekali posting deh aku. Soalnya kemarin mbak Puji request minta resep makanan Italia. Aku pertama kali kenal makanan ini pas makan di rumah mertua. Mamma suka banget masak ini karena pasti selalu ludes sampai ke kuah-kuahnya. Pokoknya itu wajan di tengah meja jadi licin mulus lagi kayak sebelum dipake karena kuahnya jadi rebutan.

Mamma katanya juga nemu resep ini dari internet. Entah nama websitenya apa, pokoknya kata Mamma “Pokoknya aku cari, terus nemu di internet.” hahahaha. Karena resep ini enak jadi aku ceritanya mau belajar bikin nih. Kata Mamma, “aku nggak pake takaran, lupa print kertas resepnya dimana. Yah pokoknya dinget-inget aja” Naaah oleh karena itu belajar bikin Scaloppine ini dari hasil mengamati dan merusuhi Mamma masak di dapur. Ini aku nggak pake takaran juga kasih resepnya. Pokoknya hasil ngira-ngira juga.

DSC00392

Scaloppine (Untuk 2-3 porsi orang dewasa)

300-400 gr fillet daging sapi, daging sapi yang diiris tipis-tipis pokoknya. Mungkin kayak daging sukiyaki kali ya namanya.

5 sdm atau bisa lebih tepung terigu

1 – 1,5 buah lemon ukuran sedang, ambil airnya.

1 sdm mustard

garam, merica secukupnya

1/2 sdt kaldu bubuk (jika suka)

cabe bubuk sesukanya kalau doyan

Olive oil atau minyak goreng secukupnya

Air panas 1 liter

Cara Membuat:

  1. Siapkan daging dan bersihkan. Setelah itu lumuri daging dengan tepung terigu sampai semuanya tertutup terigu. Nggak usah tebel2. Pokoknya asal semua bagian daging ketutupan terigu aja.
  2. Panaskan wajan teflon datar. Masukkan olive oil atau minyak goreng ke wajan. Takarannya pokoknya cukup buat nggoreng daging sebentar aja asalkan sudah berubah warnanya. Jangan banyak-banyak nanti minyakan jadinya nggak enak. Masukin minyaknya sedikit-sedikit aja. Kalau abis nggoreng terus minyaknya abis ya ditambahkan sedikit-sedikit aja.
  3. Masukkan daging yang sudah bermandikan tepung. Kalau sudah berubah warna, balik terus angkat. Lakukan ini sampai semua potongan habis.
  4. Jika semua sudah selesai digoreng sebentar. Masukkan semua daging ke dalam wajan. Masukkan air lemon.
  5. Setelah itu masukkan air panas.
  6. Masukkan mustard, garam, meica, kaldu, dan cabe bubuk. Aduk-aduk sampai rata. Set api ke api kecil menuju sedang. Sambil terus diaduk-aduk. Tes rasa.
  7. Masak sampai daging empuk. Kalau dagingnya belum empuk, silahkan ditambah airnya. Jangan lupa diaduk2, digoyang2 wajannya biar rasanya merata.

Gampang kan yaaa? Ini resep andalan kalau lagi bingung mau masak apa. Asal goreng, main cemplung2 tadaaaaaa jadi deh..

Makan ini bisa ditemani dengan salad atau kentang goreng kalau mau. Isinya salad ya bisa sesuai selera maun diisi apa. Pas kebetulan di rumah adanya salad ini sama tomat cherry. Buat ngabisin kuahnya bisa dikoretin pake roti.

DSC00388

Untuk yang nggak makan daging, mungkin bisa dicoba dengan ayam atau ikan. Aku belum pernah nyoba bikin pakai ayam atau ikan. Kalau udah ada yang bikin pakai ayam dan ikan kabarin yaa πŸ™‚ Selamat mencoba teman-teman..

Ps: Aku nggak bikin foto step by step karena di dapur tadi dirusuhin suami dan Erwin. Jadi yaa gitu laah. Dapur ancur udah kayak kapal pecah. πŸ˜›

 

 

Advertisements

33 thoughts on “Scaloppine ala mertua

  1. agak familiar dengan masakan ini, sepertinya pernah bikin mirip-mirip juga…tapi lupa nama indonesianya apa XD…keliatan yummy..TFS..bisa praktek langsung…:) btw mama di italia pake double “m”ya seperti mamma mia?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s