Scaloppine ala mertua

Sudah lama nggak posting tentang makanan. Sesekali posting deh aku. Soalnya kemarin mbak Puji request minta resep makanan Italia. Aku pertama kali kenal makanan ini pas makan di rumah mertua. Mamma suka banget masak ini karena pasti selalu ludes sampai ke kuah-kuahnya. Pokoknya itu wajan di tengah meja jadi licin mulus lagi kayak sebelum dipake karena kuahnya jadi rebutan.

Mamma katanya juga nemu resep ini dari internet. Entah nama websitenya apa, pokoknya kata Mamma “Pokoknya aku cari, terus nemu di internet.” hahahaha. Karena resep ini enak jadi aku ceritanya mau belajar bikin nih. Kata Mamma, “aku nggak pake takaran, lupa print kertas resepnya dimana. Yah pokoknya dinget-inget aja” Naaah oleh karena itu belajar bikin Scaloppine ini dari hasil mengamati dan merusuhi Mamma masak di dapur. Ini aku nggak pake takaran juga kasih resepnya. Pokoknya hasil ngira-ngira juga.

DSC00392

Scaloppine (Untuk 2-3 porsi orang dewasa)

300-400 gr fillet daging sapi, daging sapi yang diiris tipis-tipis pokoknya. Mungkin kayak daging sukiyaki kali ya namanya.

5 sdm atau bisa lebih tepung terigu

1 – 1,5 buah lemon ukuran sedang, ambil airnya.

1 sdm mustard

garam, merica secukupnya

1/2 sdt kaldu bubuk (jika suka)

cabe bubuk sesukanya kalau doyan

Olive oil atau minyak goreng secukupnya

Air panas 1 liter

Cara Membuat:

  1. Siapkan daging dan bersihkan. Setelah itu lumuri daging dengan tepung terigu sampai semuanya tertutup terigu. Nggak usah tebel2. Pokoknya asal semua bagian daging ketutupan terigu aja.
  2. Panaskan wajan teflon datar. Masukkan olive oil atau minyak goreng ke wajan. Takarannya pokoknya cukup buat nggoreng daging sebentar aja asalkan sudah berubah warnanya. Jangan banyak-banyak nanti minyakan jadinya nggak enak. Masukin minyaknya sedikit-sedikit aja. Kalau abis nggoreng terus minyaknya abis ya ditambahkan sedikit-sedikit aja.
  3. Masukkan daging yang sudah bermandikan tepung. Kalau sudah berubah warna, balik terus angkat. Lakukan ini sampai semua potongan habis.
  4. Jika semua sudah selesai digoreng sebentar. Masukkan semua daging ke dalam wajan. Masukkan air lemon.
  5. Setelah itu masukkan air panas.
  6. Masukkan mustard, garam, meica, kaldu, dan cabe bubuk. Aduk-aduk sampai rata. Set api ke api kecil menuju sedang. Sambil terus diaduk-aduk. Tes rasa.
  7. Masak sampai daging empuk. Kalau dagingnya belum empuk, silahkan ditambah airnya. Jangan lupa diaduk2, digoyang2 wajannya biar rasanya merata.

Gampang kan yaaa? Ini resep andalan kalau lagi bingung mau masak apa. Asal goreng, main cemplung2 tadaaaaaa jadi deh..

Makan ini bisa ditemani dengan salad atau kentang goreng kalau mau. Isinya salad ya bisa sesuai selera maun diisi apa. Pas kebetulan di rumah adanya salad ini sama tomat cherry. Buat ngabisin kuahnya bisa dikoretin pake roti.

DSC00388

Untuk yang nggak makan daging, mungkin bisa dicoba dengan ayam atau ikan. Aku belum pernah nyoba bikin pakai ayam atau ikan. Kalau udah ada yang bikin pakai ayam dan ikan kabarin yaa 🙂 Selamat mencoba teman-teman..

Ps: Aku nggak bikin foto step by step karena di dapur tadi dirusuhin suami dan Erwin. Jadi yaa gitu laah. Dapur ancur udah kayak kapal pecah. 😛

 

 

Advertisements

Natalan 2015

Mumpung masih ada hiruk pikuk suasana natal, jadi pengen cerita juga tentang natal kami disini. Ini tahun ketiga aku ngerayain natal disini. Natal sudah jadi perayaan wajib di rumah Mamma. Dengungan perayaan Natal sudah kedengeran dari awal Desember, mulai dari menu makanan, mau kado apa, dll.

Untuk Natal tahun ini aku mau nyobain bikin si gingebread cookies. Mulai tanggal 23, adonan cookies sudah disiapin, sduah masuk kulkas dan tinggal ngebentuk dan masukin oven. Berhubung ini cookies jadinya banyak dan ribet kalau bikin sendiri, maka bala bantuan pak suami pun dikerahkan hehehe. Aku yang ngegiling, dia yang ngebentuk pake cookies cutter. Dan kami berdua sibuk uprek aja di dapur. Buat menghias kami lanjutkan di hari berikutnya.

IMG_20151224_205703

Ternyata oh ternyata ngehias kue itu susah ya..

Look look siapa yang konsentrasi penuh ngehias cookies. Hehehehe Eciyeee si bapak seru banget. Royal icing yang susah dibentuk dan mbleber ini ini ya ampun, ribet yaah ternyata. Ini kami ngehias langsung masukin oven lagi buat dipanggang lagi sekitar 5 menit jadi harus buru-buru karena cuma punya loyang oven sebiji. Tapi seru jadinya, mainan berdua di dapur. Eh bertiga sih, ada Erwin juga ikut ngerusuhin.

Besok paginya, tanggal 25, semua sudah beres. Kado sudah terbungkus rapi, biskuit hantaran sudah masuk toples, baju sudah disetrika, dapur doang yang masih kayak kapal pecah. Yeaaaay, It’s Christmas.

Jam 1 lewat sedikit kami berangkat ke rumah Mamma. Bawaanya segembol. Kado, makanan, Erwin dll hehehe.. Macet yaaah ternyata kalau natal ini disini. Hadeeeuh di jalan tol mobil pada tirik-tirik. Yang mau keluar tol juga pada antri panjang. Semua dengan tujuan yang sama, makan siang bareng keluarga dan kerabat. Sampai di rumah kami sudah ditungguin ternyata hehehe. Sudah pada kelaparan.

Here we go some photos.

DSC00346

Naah ini dia menu antipasti alias appetizer. Itu ada udah ada 4 macam. Itu cabe bubuk khusus buat aku :p

DSC00343

Mumpung mantunya lagi cantik-cantik, si Papa langsung minta foto. Kami udah kayak tangga yaah :p

DSC00347

Wefie rame-rame setelah makan appetizer. Itu muka Carlo sama Mamma napa banget deh aaaah..

DSC00349

Ada yang kekenyangan terus ngantuk api dipaksa ikutan foto :p

DSC00353

Maunya foto preseppe juga yang full tapi nggak malah kepenuhan muka kami berdua hahaha

DSC00354

DSC00361

Meow Christmas teman-teman semua :*

Sesudah pada makan-makan, pada kekenyangan semua pada duduk diem. Ada yang masu kamar terus tahu2 ngorok aja gitu. Hahaha Emang lah makan-makan gini ampun deh yaa..

Kado natalan tahun ini seru. Aku dapat mangkok sup plus sendok sayur cantik dari Mamma. Dari kakak ipar dapat paket lipstick, pouch, bedak ihiiiiy Tahu aja deh aku doyan lipstick. Kado dari pak suami ada deh. Itu kado all in one. Ntar kubikin postingan baru kalau sudah dipake kadonya hehehe

 

Selamat Natal dan Tahun Baru teman – teman semuanya..

 

Lunch with friends

Sudah setahun belakangan ini kami jarang banget kumpul sama temen-temen. Yah paling satu dua cuma buat nonton film terus makan pizza, ya udah gitu doang. Sisanya yah hanya berkabar lewat social media. Terkesan menarik diri mungkin bagi teman-teman kami. Yaah nggak juga sih. Hanya saja kami kemarin-kemarin lebih suka menghabiskan waktu di rumah, mainan sama Erwin atau yaa jalan-jalan sendiri.

Sampai pada suatu titik kami kepikiran dan ngomong ke suami, “kita sekarang jarang banget yaa kumpul2 sama temen2. Hmmm nggak enak juga jadinya. Oh ya kan bentar lagi kamu ulang tahun, kita bikin makan2 di rumah aja yaah. Makan seadanya aja.” dan proposal itu pun disetujui oleh pak suami. Setelah pengumuman disebar. Dan setelah tamu konfirmasi datang, maka menupun di set.

Seperti kebiasaan orang Indonesia, yang namanya ulang tahun itu yaa tumpengan hahahaha. Akhirnya aku nekad bikin tumpeng. Sekalian ngenalin ke teman2 gimana sih tumpeng itu. Ada hampir 20 teman kami yang sudah konfirmasi untuk datang. Bikin menu yang simple2 ajalah yaa. Kepikiran bikin  nasi kuning, ayam bumbu kuning, sate, urap, tempe mendoan, telur dadar, kering tempe dan biterballen.

Keliatannya gampang ya dan cepet bikinnya. Ternyataaa salaaaaah. Aku yang salah mengatur waktu. Harusnya jumat dan sabtu aku bisa full masak. Tapi ternyata Jumat harus ke Torino karena ada farewell temen yang mau back for good ke Jakarta. Jadi seharian deh di Torino. Sabtu, bangun kesiangan dan masih harus ke toko Asia beli beberapa perintilan, terus pesan kue ulang tahun untuk Carlo untuk dinner sama keluarga sabtu malam itu. Jadi sampe rumah udah gak sore. Malamnya kami makan2 di resto India sama keluarga. Jadinyaa yaah aku begadang sabtu malam sampe jam 3 pagi masak2. huhuhuhuhu

Semua dikerjain bareng-bareng sama Carlo, kami bagi2 tugas mulai dari beresin meja, bersih2 rumah, nggoreng2, nusukin sate dll. Alhamdulillah semua beres tepat waktu sebelum tamu pada datang.

Pagi-pagi pas harus nyiapin nasi kuning agak deg-degan sebenarnya. Gimana ini caranya bikin munjung nasi kuning? Lha wong aku nggak punya cetakan. Tapi yaah namanya nekad, pasti ide ada ajaaaa. JAdinya aku potong karton terus dilapisin sama plastik, diceklek pake steples daaan tadaaa jadilah kerucut buat nyetak nasi kuning hwahahaha. Sumpaah yaa maksa banget. Tapiii demiii nasi tumpeng pertamaku.. hahaha

DSC_3486DSC_3489DSC_3491DSC_3492DSC_3494DSC_3497

Itulah penampakan menu buat makan siang sama teman-teman kami. Semua pada heran haaah nasinya warnanya kuning. Kok bisa dibentuk gini? Jadilah mulai dijelasin makna kenapa ada nasi tumpeng dan lainnya ini. Mereka super excited. Yang yang bikin happy, semua hampir habis lhoo. Tempe mendoan, sate, dan kering tempe jadi favorit mereka. Urap juga mereka doyan. Nggak tau aja mereka urapnya nggak pake kencur jadi kurang sip menurutku tapi menurut mereka enak-enak aja hahahaha..

Senang yaa bisa kumpul-kumpul gini. Mereka senang bisa kenal sama makanan Indonesia yang menurut mereka unik dan penuh bumbu. Padahal bagi sebagian orang bule, bumbu yang tajam itu kurang digemari. Aku pun senang hasil begadangku masak terbayar.. yeaaaaaay

Buon Compleanno

image

Dear mio marito,
Buon compleanno :*
All my best prayers for you. Wish tons of good things will come ahead. May all your prayers will be answered by Allah SWT. Amiiiiiiiiiin

Kemarin Mas Carlo ulang tahun. Dari jauh-jauh hari udah bilang nggak usah bikin apa-apa ya. Nggak usah beli kado juga. Laaah aku kan gatel mana bisa nggak bikin apa-apa. Jadi minggu lalu, keliling ke centro sekalian cari kado. Kadonya yang pasti kepake. Jadilah dibeliin celana. Abisnya udah ngeluh banyak celananya yang sempit. Tapi nggak mau beli celana. Yang bilang nanti lah, nggak sempat lah, ntar nunggu diskonan lah. Bzzzzz Kesuwen mas mas..

Dikarenakan mau menghemat (ketauan meditnya :p), untuk kuenya bikin sendiri aja sekalian nyobain resep baru kue pandan. Kuenya udah dibikinin dari minggu. Tapi baru dihias hari seninnya.

image

image

Ternyata ngehias kue itu ribet jendraaaaalll.. Huuuuft. Olas oles whipped cream kok yo ndak rapi-rapi. Belum lagi bagian atasnya yang dihias pakai spuit malah amburadul ora karuan. Aku menyerah. -______- Pas buka kulkas pas ada keju. Demi menutupi whipped cream yang nggak karuan bentuknya, kututup aja pakai parutan keju. Hwehehehe voilà….

Yang ulang tahun kemarin sumringah banget. Ada cerita lucu, pas hari minggu malam ceritanya aku nungguin jam 12 teng buat ngucapin selamat ulang tahun. Lhaa kok jam 11.30 pm yang ultah wes ngorok. Tapi dasar istri maksa yaaah, jam 0.00 suaminya dicium2, terus bilang “selamat ulang tahun, sayang” Nggak ada respon kirain mau ngolet2 bangun. Lhaaa kok malah ngorok lagi. Yo wes, aku bilang “i love you”. Terus malah dijawab “have a nice night” kedubraaaaaagg mas’eeeee.. Ngelindur jubuloo. Bzzzzzzz..

Jadi begitulah cerita tentang bapak Carlo yang abis ulang tahun kemarin. Semoga harapan dan doa-doanya terkabul yaa tahun ini ya sayang. Amiiiiiiiiiin

Percobaan Pertama bikin Cake Labu

wpid-psx_20150817_174500.jpg

Pada suka sama labu nggak? Kemarin ada yang nanya resepnya, jadi aku tulis disini aja ya resepnya 🙂

Awal kenapa bikin cake labu ini karena liat ada frozen labu di freezer sudah 2 minggu. Awalnya mau bikin bubur manado, apa daya, panas jadi malas makan yang panas-panas gitu. Terus minggu lalu kepikiran aah ntar separo bikin kolak sama nangka separo lagi bikin donat labu aah nyobain. Karena malas akhirnya nggak tereksekusi juga ini labu. Sampai akhirya beberapa hari lalu kepikiran mau bikin yang manis-manis. Tapi malas bikin donat karen harus nggoreng satu-satu belum lagi nguleni, lamaaa. Mau yang praktis dan enak aja. Setelah buka laptop sambil serching resep mana yang OK dengan bahan dasar labu akkhirnya terpilihlah ini cake labu.

Untuk resep aslinya, aku ngikutin dari http://hesti-myworkofart.blogspot.it/2012/09/cake-labu.html tapi ada beberapa juga yang modifikasi siih. Naah resep yang aku tulis dibawah ini yang hasil pengurangan dan penambahan berdasarkan rumus kira2 aku aja yaa hahahaha

Cake Labu Keju

Bahan:

  • 6 kuning telur
  • 4 putih telur
  • 150 gr gula pasir (Aslinya 200 gr tp aku pakai segini aja udah manis banget kok)
  • 1 sdt emulsifier (aku pakai SP, sebenarnya harusnya nggak pakai juga gpp sih, asalkan telur ngembang sempurna)
  • 170 gr tepung terigu (aku pakai tepung terigu serbaguna, di rumah adanya ini)
  • 1/2 sdt Baking powder double acting
  • 25 gr susu bubuk
  • 250 gr labu kukus dan dihancurkan (aslinya 300 gr tapi aku cuma pakai 250 gr aja, adanya segitu)
  • 75 gr margarin + 75 gr butter (lelehkan)
  • Separuh kotak es krim walls parutan keju l’erdamer dicampur keju parmesan. Ini enah berapa gram kemarin asal main main parut dan tuang aja nggak pakai ditimbang. Pokoknya kurang lebih segitu.
  • Keju parmesan yang sudah diparut untuk hiasan di atas cake.

Cara Membuat:

  1. Panaskan oven 180 derajat celcius. Siapkan loyang, olesi dengan margarin dan lapisi dengan tepung terigu.
  2. Hancurkan labu yang sudah dikukus atau dipanggang. Aku kemariin ngancurinnya pakai food processor kemudian masukin sekalian margarin dan butter yang sudah dilelehkan bersama dengan labu.
  3. Kocok dengan mixer samai mengembang dan pucat telur, gula dan emulsifier.
  4. Aduk jadi satu tepung, Baking powder, dan susu bubuk.
  5. Masukan adonan tepung sedikit sedikit ke adonan telur dengan metode kocok balik dan asal rata.
  6. Masukkan labu dan keju. Aduk dengan metode aduk balik bukan memutar. Asal rata dan tercmpur baik saja.
  7. Setelah adonan teraduk rata, masukkan adonan ke dalam loyang. Taburi dengan keju bagian atasnya.
  8. Panggang kurang lebih 35 menit, lakukan tes tusuk untuk melihat apakah cake sudah matang atau belum.

Tadaaaaaa jadi gitu lah kira-kira cara bikin cake labu ini. Aku tambahin keju karena lagi pengen makan keju juga. Pada waktu dipanggng ruwah wangi butter dan keju.

Untuk teksturnya mirip sama bingka kentang menurutku, lembap dan basah teksur kuenya. Enaak, aku sih suka banget, wangi keju dan butternya hmmm yummy.. Pas masih hangat, aku coba motong secuil, nggak kuat sama wanginya hehehe Dimakan berdua sama Carlo, hmm enaaak. Yah dia doyan labu makanya seneng-seneng aja, apalagi ada kejunya beuuh yo wes.. Tadi pagi masih ada separuh loyang cake labu, dibawa ke kantor sama Carlo, biar dibagi-bagi sama temen kantornya. Moga-moga aja pada doyan.

Silahkan mencoba yaaa.. Jangan lupa laporan gimana hasilnya 🙂

wpid-dsc_3107.jpgPS: Bonus foto kucing rusuh pas mau bikin postingan ini. Nyempil aja dia di tengah..

Salam buat semuanya dari Erwin The Cat Penyuka Keju

Menu praktis mashed potato dan daging cincang

Aku paling suka masak yang praktis dan masuk oven. Jadi bisa disambi ngerjain yang lain. Minggu lalu lagi kepengen banget makan yang creamy-creamy kayak mashed potato dan mozzarela. NAh Carlo juga seneng banget makan menu model begini. Kan dia doyan banget makan yang creamy dan ngeju. Resep ini sebenarnya ngasal aja. Pokoknya sal cemplung apa yang ada di kulkas. Untuk ukurannya nih aku nggak bisa ngasi persisnya lha wong emang asal cemplung2 aja hehehe. Ya dirasa-rasain sendiri lah yaa pasnya kayak gimana

DSC_2145[1]

Ini nggak ada namanya. Kemaren pas liat pie shepard terus terinspirasi ceritanya. Mari kita lihat apa aja bahannya

Bahan untuk isian:

300 gr daging giling

1/2 bawang bombay dipotong tipis

3 siung bawang putih cincang halus

wortel dipotong dadu atau korek api, terserah aja

jamur kancing diiris tipis

kacang polong secukupnya

1 buah paprika ukuran kecil, potong kecil2

2 sdm saus tiram

2 sdm kecap manis

1 sdt kaldu bubuk

garam gula merica secukupnya

1 sdm margarin untuk menumis

1/2 cup air

Cara membuat:

  • Panaskan margarin sampai meleleh, masukkan bawang bombay. Tumis sampai layu, kemudian masukkan bawang putih
  • Masukkan daging giling, tumis sampai berubah warna.
  • Masukkan jamur kancing.
  • Bumbuin dengan saos tiram, kecap, kalsu, garam, gula dan merica. Aduk rata. Masukkan air .
  • Setelah mendidih, coba tes rasa dulu. setelah masukkan wortel dan paprika. Ketika hampir matang, masukkan kacang polong.
  • Setelah matang sisihkan.

Sekarang siapkan bahan untuk kentang tutupnya.

Bahan:

5-6 buah kentang ukuran sedang

200 ml saus besciamella ( satu kotak kecil)

200 gr cream cheese

mozzarela secukupnya

garam dan merica

Cara membuat:

  • Kupas kentang dan kukus sampai matang.
  • Haluskan kentang. Nggak terlalu halus juga nggap apa2 kok
  • Masukkan besciamella, aduk sampai tercampur rata
  • Masukkan juga cream cheese, aduk rata.
  • JAngan lupa garam dan mericanya yaaa.
  • Tes rasa setelahnya.

Jika sudah sipa semua, letakkan adonan daging ke pyrex.

DSC_2143[1]

Setelah itu tutup daging dengan kentang yagn sudah dihaluskan. Atur mozzarela diatas adonan kentang tadi.

DSC_2144[1]

Kayak ginilah kira-kira setelah dimasukin semua bahan diatas.

Setelah itu panggang dalam oven dengan suhu 180-200 derajat celcius sampai mozzarelanya meleleh. Kurang lebih 30 menit sih. Setelah itu tunggu sampai agak anget dulu baru dipotong ya. Aku kemaren karena kelaparan jadi langsung dipotong aja. Buyaaaar deh semua karena belum set. Sebagai pengingat ini adalah calorie bomb. JAdi pas makan ini dinikmati aja jangan diiinget-ingat berapa banyak kalorinya, ntar nggak jadi dimakan soalnya hwehehehe

Silahkan mencoba yaaaa..

Iseng-iseng bikin siomay

Hari selasa kemarin, karena kedinginan jadinya pengen makan melulu. Jadilah ngubek-ngubek dapur, deket-deket kompor supaya anget hehehe. Buka-buka kulkas nemu ikan, fillet ayam dan udang. Setelah whatsapp-an sama mamah jadilah ada ide bikin siomay. Siomay ini adalah resep dari mamah. Andalan banget lah pokoknya. Kalo sudah bikin ini dirumah pada jadi pemamah biak, ngunyah terus.

Mari kita berbagi siomay enak ini, paling nggak enak menurut kami hwehehehe

Bahannya:

400 gr ikan tengiri (aku pake ikan persico africano, rasanya mirip tengiri)

150 gr fillet ayam

10 biji udang kupas segar

1 cup kurang dikit tepung tapioka atau tepung kanji

1 cup kurang dikit tepung terigu

1 sdt kaldu bubuk

2 butir telur ukuran besar

garam, merica secukupnya

daun bawang dipotong tipis2

kulit lumpia

Cara membuat:

  • Masukin food processor ikan, ayam, dan udang. Setelah itu masukin telur, kaldu, garam, merica.
  • Keluarkan dari food processor, campurkan dengan tepung sedikit demi sedikit.
  • CAmpur dengan daun bawang
  • DSC_2149[1]
  • kurang lebih hasilnya kayak gitu lah yaa. Oh ya, dirasain dulu yaa. Iya sih mentah, pokoknya jangan ditelan yaa dilepeh lepeh aja terus kumur2 hwehehe pokoknya asalkan rasanya udah ok lanjut deh. Kalau belum ya silahkan ditambahin garam merica kaldunya sesuai selera yaaa
  • Kalau rasanya sudah pas, letakkan 1 sendok makan adonan ke kulit lumpia.

DSC_2150[1]

  • setelah itu silahkan dilipat-lipat .Kalau aku biar ngebentuk aku iket pake benang. Abisnya nggak punya cetakan siomay yg bentuknya gelas kecil-kecil itu. Lipat semua sampai adonan habis.
  • DSC_2151[1]
  • penampakannya gini lah yaa kurang lebih. Masih nggak rapi. BAru belajar harap maklum hehehe
  • Kalu sudah tata adonan siomay ini ke dalam kukusan.
  • JAngan lupa panasin airnya dulu yaaa..
  • DSC_2153[1]
  • Setelah itu kukus selama kurang lebih 20-30 menit.
  • Pas dikukus tutup panci diiket pakai serbet ya biar airnya nggak netes-netes.
  • DSC_2155[1]
  • Setelah jadi kurang lebih kayak gini
  • DSC_2156[1]

Aku kemarin pas bikin nggak diicipin dulu jadinya kurang asin. Hasilnya enaaaaak. Carlo doyan banget. Karena kemarin males bikin sambel kacangnya jadinya cuma dimakan pake saos cabe thailand. Enak juga ternyata.  Ini bisa dimakan gitu aja atau bisa juga digoreng.

Oh yaa untuk bikin siomay ini terigu sama tepung kanjinya harus 1:1 yaa. Aku kemaren pake satu cup, agak alot dikit. Makanya aku tulis resepnya 1 cup kurangin dikit biar nggak alot. Untuk hasilnya untuk resep ini bisa jadi sekitar 30 biji siomay.

Silahkan dicoba teman-teman. Semoga suka yaaa..